Minggu, 03 Maret 2013

Berdeham atau "ehm.. ehm." Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan



Mengeluarkan suara "ehm" , berdeham atau batuk kecil yang tertahan sering kali dilakukan orang dengan berbagai alasan, seperti serak atau hanya ingin menarik perhatian orang lain. Namun kini hati-hati dengan kebiasaan seperti itu karena bisa membahayakan kesehatan.

Dr Brian Rotskoff menyatakan bahwa kebiasaan berdeham bisa merusak tenggorokan dan pita suara jika dilakukan secara terus menerus. Kebiasaan berdeham juga bisa memicu kecanduan, sekali orang merasakan nyaman berdeham maka ia akan terus melakukan hal itu dan secara kelamaan hal itu akan menjadi masalah perilaku.

Beberapa ahli kesehatan juga mengatakan bahwa berdeham juga bisa menjadi salah satu cara untuk respons tubuh saat sedang pada kondisi stres. Maka dari itu tidak heran kalau banyak orang yang sering berdeham disaat sedang berbicara serius.

"Berdeham sangat umum di kalangan enterpreneur muda, orang yang merawat keluarganya yang sakit, atau orang-orang yang terus-menerus menghadapi tekanan hidup," kata Dr Adam Frosh dari Lister Hospital seperti dikutip dari Daily Mail yang bekerja sama dengan pihak bola online, Senin (4/3/2013).

Berdeham juga biasanya dipicu oleh keberadaan benda asing yang ada di belakang tenggorokan, yang terasa menggelitik juga harus dikeluarkan. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang sedang batuk, pilek , asma juga asam lambung dan masalah kesehatan lainnya.

Dr Rotskoff mengatakan bahwa berdeham ada baiknya tidak dilakukan lebih dari tiga bulan karena bisa merubah suara secara perlahan.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More