Kamis, 30 Mei 2013

Sepanjang Karir Abidal Bersama Barcelona Setelah Enam Tahun



Eric Abidal telah resmi meninggalkan Barcelona di musim mendatang, Eric Abidal sudah menjadi bagian penting dalam sejarah Barcelona. Semenjak dipinang Barca dari Lyon di tahun 2007 silam, pemain timnas Prancis tersebut selalu menjadi pilihan paling utama di sektor bek sayap Barcelona karena ketangguhannya memotong pergerakan lawan dan kecepatan yang menganggumkan dan selalu menjadi penentu Barcelona serta membuat taruhan online semakin tegang.

Masa-masa indah Barcelona dan kejayaan sang raksasa Catalan itu di dunia pun sudah pernah dirasakannya, akhirnya perlahan karir Abidal mulai meredup di Nou Camp saat dokter memvonisnya memiliki penyakit tumor hati. Hingga vacum beberapa tahun akhirnya Abidal kembali ke lapangan dan menikmati kejayaannya bersama klub Spanyol tersebut tapi lagi-lagi Abidal harus menjalani perawatan lebih intensif untuk kesehatannnya.

April 2013 kemarin, bek berusia 33 tahun tersebut melakukan comeback lagi untuk yang kedua kalinya tapi dia mengatakan bahwa ini merupakan musim terakhirnya bersama Barcelona, bersama Barcelona Abidal sukses membawa Barcelona mendapatkan dua gelar Copa del Rey, tiga Supercopa de Espana, dua Piala Super Eropa, dua Piala Dunia Antarklub FIFA, dua gelar Liga Champions serta empat gelar La Liga.
Untuk mengenang jasa-jasa Abidal bersama Barcelona, saya merangkum perjalanan karir enam tahun Abidal bersama Barcelona:
1.       Abidal di rekrut oleh Barcelona pada 29 Juni 2007, pria kelahiran 11 Juli 1979 itu diberikan nomor punggung 22 dan dipercaya untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Giovanni van Bronckhorst di posisi bek kiri Barcelona. Tapi Abidal sejatinya bisa dimainkan di posisi bek sayap mana saja karena skill mumpuni yang dimiliki oleh Eric Abidal.
2.       Abidal akhirnya melakoni pertandingan perdananya di La Liga bersama Barcelona pada 26 Agustus 2007 saat Barcelona di tahan imbang oleh Racing Santander di Nuevo Sardinero pada pertandingan tersebut Abidal tampil hingga peluit panjang dibunyikan.
3.       Meskipun tanpa gelar di musim pertamanya untuk Barcelona tapi Abidal mampu merasakan treble winner di musim keduanya bersama raksasa Catalan, Abidal melewatkan dua laga penentu yakni saat final Copa del Rey melawan Valencia serta kontra Manchester United di final Liga Champions 2009 yang digelar di Olimpico, Roma
4.       Setelah sekitar tiga setengah tahun tak dapat mencetak gol di Barcelona akhirnya Abidal menciptakan gol perdananya sekaligus tunggal Barcelona saat menghadapi Athletico Bilbao di babak 16 besar Copa del Rey leg kedua dan meloloskan Blaugrana ke putaran selanjutnya.
5.       Eric Abidal divonis mengidap penyakit tumor hati dan setelah dua hari mendapati berita itu Abidal langsung menjalani operasi pada 17 Maret 2011. Abidal tak ingin privasinya diberitakan oleh karena itu Barcelona tak merilis kondisi Abidal ke seluruh dunia tapi banyak sekali dukungan dari seluruh dunia untuk Abidal.
6.       Pada semifinal Liga Champions 2010/11, Eric Abidal melakukan comeback di menit-menit terakhir El Clasico tersebut. Abidal yang masuk menggantikan Puyol dan Barcelona menang dengan agregat 3-1.
7.       Abidal tampil sebagai starting line up saat Barcelona sukses membungkam Manchester United dengan skor 3-1 dalam final Liga Champions 2011 di Wembley, Carles Puyol yang sejatinya kapten Blaugrana memberikan ban kapten kepada Abidal sebagai bentuk penghormatan dan di berikan kesempatan untuk mengangkat sebuah trofi paling bergengsi di tanah Eropa di depan 85.000 pasang mata yang memenuhi markas besar timnas Inggris tersebut.
8.       Sang sepupu Abidal bernama Gerard datang sebagai pahlawannya pada 10 April 2012 untuk mendonorkan hatinya tersebut setelah itu Abidal langsung menjalani operasi transplantasi hati.
9.       Pada 6 April 2013, Abidal melakukan comeback keduanya saat dia menggantikan Gerard Pique di menit 70 saat Barcelona memangkas habis Real Mallorca di Nou Camp dengan skor 5-0.
10.   Carles Puyol meminta kepada pelatih Barcelona sekarang ini, Tito Vilanova dan Abidal untuk mengangkat trofi tersebut yang notabennya mereka berdua sama-sama sedang masa penyembuhan untuk melawan penyakitnya masing-masing. 30 Mei 2013 digelar sebuah konferensi persi yang berlangsung di markas besar Barcelona, pada konferensi tersebut diumumkan bahwa Eric Abidal telah resmi meninggalkan Camp Nou di akhir musim La Liga karena kontraknya tidak diperpanjang.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More