Senin, 23 September 2013

Tempe ! Makanan Murah Yang Sarat Gizi


Siapapun pasti kenal dan tau akan tempe, terutama orang indonesia. Mengapa?  Karena makanan yang satu ini cukup ekonomis, dan yang selalu ada di setiap menu makanan kita. Namun tak banyak orang tahu khasiat di balik makanan yang rasanya  enak ini, namun tidak dapat dipungkiri tidak semua orang menyukai makanan khas asli Indonesia ini. Walau harganya murah dan mudah didapat ini.

Tempe sering dijumpai di rumah maupun di warung-warung, sebagai lauk dan pelengkap hidangan. Tapi tempe tenyata bukan hanya sekedar makanan sederhana yang biasa lohh. Tempe memiliki kandungan dan nilai cerna yang lebih baik dibandingkan dengan kedelai. Bahkan mungkin karena itu Agen Judi Online pun menyukai dan menikmati makanan yang satu ini.


Tempe adalah makanan hasil fermentasi antara kedelai dengan jamur Rhizopus Oligosporus. Pada tempe terjadi peningkatan nilai gizi kurang lebih 2 kali lipat setelah kedelai difermentasi menjadi tempe, seperti kadar vitamin B2, vitamin B12, niasin, dan asam pantorenat. Bahkan hasil analisis, gizi tempe menunjukkan kandungan niasin sebesar 1.13 mg/100 gram berat tempe yang dapat dimakan. Karena kadar niasin pada kedelai hanya berkisar 0,58 mg, tempe, dapat dikonsumsi dalam tiga bentuk utama.

Sepotong tempe mengandung berbagai unsur bermanfaat, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten, serta komponen anti bakteri bermanfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, Tempe disebut makanan segala umur, karena sangat baik untuk diberikan kepada bayi hingga lansia entah hanya untuk mengemil ataupun untuk teman makanan sehari – hari dirumah.

Tahukah anda bahawa Protein  yang terdapat di dalam tubuh tempe Setara dengan Daging? Kandungan protein yang terkandung di dalam tempe memiliki kualitas yang setara dengan produk hewani. Seperti dilihat dalam tabel, kandungan protein tempe mencapai 41 persen. Berbeda dengan produk daging yang menambah kolesterol jahat, protein yang dikandung kedelai cenderung menurunkan kadar kolesterol jahat. Karena itulah, tempe lebih banyak dipilih sebagai bahan makanan pengganti daging yang lebih sehat. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More