Selasa, 11 September 2012

Membentuk Tubuh Yang Ideal

Memiliki bentuk badan yang ideal memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Lengan merupakan salah 1 bagian tubuh yang penting dan mendukung agar tubuh terlihat ideal, tidak hanya pria bahkan terutama bagi para wanita. Oleh sebab itu kesehatan lengan harus dijaga, dengan cara melatih otot-otot lengan.

Otot lengan terdiri atas: Otot fleksor lengan bawah depan, otot ekstensor lengan bawah bagian belakang, otot bisep atau otot lengan depan dan otot trisep atau otot lengan belakang. Masing-masing otot tersebut perlu dilatih kekuatan dengan gerakan tertentu agar kekuatannya tetap terjaga.

Otot deltoid (otot bahu) dan otot trapezius (otot punggung) juga perlu dilatih agar bentuknya seimbang dengan otot lengan.



Sebelum latihan anda juga perlu melakukan pemanasan dan juga jangan lupa melakukan pendinginan sesudah latihan itu bertujuan untuk melancarakan peradaran darah dan meregangkan otot.
Berikut ini ada beberapa cara sehat untuk melatih tubuh anda agar terlihat ideal :

1. Pemanasan
lakukan gerakan ini dengan berdiri. Satukan jari tangan dan putar lengan sehingga telapak tangan menghadap ke depan. Lakukan kembali ke posisi semula. Ulangi 2-3 kali.

2. Membentuk Otot Bisep
Gerakan ini memerlukan alat, yaitu dumbbell. Pegang dumbbell di kedua tangan atau bisa juga di salah satu tangan. Gerakkan tangan ke arah dada dan turunkan. Lakukan 10-12 kali pengulangan sesuai dengan kemampuan otot anda. Perhatikan berat dumbbell! sebaiknya disesuaikan dengan kekuatan anda.

3. Membentuk Otot Trisep
Pegang dumbbell, lalu gerakkan ke bawah. Lakukan 10-12 kali pengulangan sesuai kemampuan.

4. Membentuk Otot Dada Depan
 Lakukan dengan kedua belah tangan memegang dumbbell. Gerakkan tangan anda ke samping dan kembali ke depan dada. Lakukan 10-12 sesuai kemampuan anda.

5. Membentuk Otot Punggung dan Bisep
Pegang dumbbell di kedua belah tangan, lalu gerakkan tangan ke belakang kepala. Lakukan 10-12kali pengulangan atau sesuai kemampuan tubuh anda.

6. Latihan Untuk Otot Fleksor/Lengan
Pegang dumbbell pada tangan. Letakkan tangan di atas meja. Angkat tangan ke atas dan ke bawah. Lakukan 10-12 kali atau sesuai kemampuan tubuh.

7. Latihan Untuk Otot Lengan Bawah
Pegang dumbbell pada tangan. Letakan tangan diatas meja. Gerakkan ujung pergelangan tangan ke atas dan ke bawah sebanyak 10-12 kali atau sesuai kemampuan anda jangan anda paksakan karena bisa memberikan dampak buruk yaitu keram.

8. Pendinginan
Posisi berdiri. Satukan telapak tangan. Tarik dan miringkan badan ke arah samping kanan dan kiri. Lakukan dengan perlahan putarkan kepala anda juga, satukan tangan anda di belakangan pinggang dan tarik kebawah pendinginan ini bertujuan untuk menarik otot dada anda agar semakin berkembang.

Banyak juga yang mengatakan bahwa Orang-orang Asia termasuk Indonesia lebih sulit untuk mendapatkan  bentuk tubuh yang ideal, namun semua itu hanya omongan belaka, semuanya di tentukan Protein yang anda konsumsi dan latihan yang baik maka semuanya dapat terwujud.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More