Rabu, 27 Juni 2012

Sejarah Iklan



Kita semua tahu, jaman sekarang, iklan sudah merambat kesemua cakupan aspek kehidupan.
Mulai dari brosur di tiang listrik, sampai iklan di Internet, Advertising Agency . Bisa dilihat, bahwa iklan sangat berpengaruh. Apa lagi bagi kalian yang sedang bekerja secara full time ataupun magang di berbagai perusahaan terkenal melalui berbagai proses interview kerja yang tiada habis nya. Dan dilanjutkan lagi dengan berbagai peraturan magang yang tiada duanya. Kamu harus selalu ingat bahwa dengan menjalani hal hal ini, kamu akan mendapatkan berbagai Keuntungan Magang yang sangat ber manfaat bagi dirimu.

Di televisi, bisa sampai mengeluarkan ratusan juta untuk mengiklankan suatu produk. Fantastis.

Nah, iklan tuh apaan sih ? Kok ampe pada semua orang tergila gila mengiklankan produk mereka ?

Saya mengambil ini dari wikipedia. Simak deh. Menarik.

Periklanan merupakan bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audiens (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil beberapa tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau layanan. Tujuan dari disampaikannya iklan tersebut adalah mengarahkan perilaku konsumen terhadap suatu penawaran komersial ataupun mempersuasi seseorang dalam melakukan sesuatu (seperti iklan politik/layanan masyarakat yang nonkomersial).
Pengiklan Komersial seringkali mencari untuk menghasilkan peningkatan konsumsi dari mereka produk atau jasa melalui "branding," yang melibatkan pengulangan atau nama produk gambar dalam upaya untuk kualitas tertentu berasosiasi dengan merek di benak konsumen. Komersial pengiklan rokok yang menghabiskan uang untuk mengiklankan barang-barang lainnya dari produk konsumen atau jasa termasuk partai politik, kelompok kepentingan, organisasi keagamaan dan lembaga pemerintah. Nirlaba organisasi dapat mengandalkan mode bebas dari persuasi, seperti pengumuman layanan publik .

Bisa  diliat kan ? Iklan itu sangat berpengaruh dalam kehidupan kita ?

Nah kalo gitu sekarang pertanyaannya ? Dari mana sih istilah periklanan itu  ? Apa sih sejarah nya ?

Kok bisa sekarang ampe muncul istilah Twitter Marketing lah, Facebook Marketing lah, kenapa ya ?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut. Check this out :D



Pada Tahun 4000 SM

Mesir dulu menggunakan papirus untuk membuat pesan penjualan dan poster - poster. Dulu juga bahkan ditemukan pesan - pesan Komersial dan Kampanye Politik di Pompeii dan Saudi kuno. Mereka juga banyak yang menggunakan lukisan dinding atau batu untuk periklanan komersial. Nah, lukisan dinding ini merupakan salah satu manifestasi lain dari bentuk iklan kuno, yang sekarang muncul di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. 



telusuri: Fresh Graduate Jobs Jakarta
Billboard adalah merupakan bentuk tertua dari iklan. Pedagang - pedagang pada jaman dulu, menggunakan bantuan penelpon jalanan untuk mengumumkan keberadaan pedagang - pedagang tersebut di kota. Penelpon jalanan bertugas untuk lari - larian sepanjang kota dan berteriak bahwa ada penjual buah di kota. Sungguh strategi pemasaran yang sangat kreatif.
 Nah, sebenarnya masih banyak cerita - cerita mengenai sejarah periklanan, tapi untuk pagi ini, cukup sampai di sini saja. Hehehe.

Teruslah berkreasi demi kemajuan bangsa. :D

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More