Kamis, 21 Februari 2013

Gaji Kecil Bisa Memicu Serangan Jantung!


Kehidupan yang hanya mengandalkan gaji ke gaji tidak hanya buruk bagi kondisi keuangan namun juga kesehatan jantung. Pekerja yang gajinya pas-pasan ternyata berisiko menderita tekanan darah tinggi sehingga bisa memicu serangan jantung.


Kesimpulan yang didapat dari para peneliti yang mendata 5.000 orang berusia 25 tahun - 65 tahun yang informasinya dikumpulkan tiap dua tahun sejak tahun 1999-2005. Pada awal studi para peserta tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Sekian beberapa tahun, para pekerja yang memiliki gaji rendah menderita tekanan darah tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki gaji besar.

Korelasi itu lebih kuat diantara wanita yang berusia 25 tahun - 44 tahun. Pada usia itu kebanyakan memang jabatannya masih rendah menjadikan gaji yang sedikit.

Pada penelitian sebelumnya juga mengaitkan hipertensi dengan status sosial ekonomi namun tidak secara spesifik yang menyebutkan besarnya gaji seseorang.

"Sebagian orang sayangnya menilai status sosial mereka berdasarkan gaji. Faktor lainnya adalah kerepotan sehari-hari, terutama untuk orang yang pendapatannya rendah," kata ketua peneliti J.Paul Leigh, profesor ekonomi kesehatan yang dilansir oleh kompas.com yang bekerja sama dengan asuransi mobil.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More