Rabu, 02 Oktober 2013

Atasi Hidung Tersumbat Dengan Cara Yang Alami


Jika anda orang yang gampang menangis, pasti anda sering merasakan yang namanya hidung tersumbat bukan? Mengapa hidung anda bisa tersumbat? Biasanya hal ini bisa terjadi karena biasanya sebelum hidung anda tersumbat  anda merasakan atau mengalami hal – hal berikut ini bukan? Flu, sinusitis, kedinginan, alergi atau karena pilek pasti sangat mengganggu.

Saat terjadi flu atau alergi, selaput yang melapisi saluran hidung akan meradang dan mengeluarkan lendir untuk membilas rongga hidung dari kotoran dan alergi penyebab iritasi tersebut. Begitulah kurang lebih mengapa terkadanga lender banyak keluar dari hidung anda. Saat hidung tersumbat karena lendir, yang harus dilakukan adalah menjaga agar sinus tetap lembab.


Banyak orang berfikir bahwa udara kering dapat mengurangi cairan hidung berlebih. Mengeringkan mukosa hidung justru memiliki efek yang sebaliknya, membuat cairan yang keluar semakin banyak. Untuk mengatasinya banyak orang menggunakan dekongestan dalam bentuk semprotan hidung tanpa resep dokter. Tapi obat ini tidak berlaku untuk semua kasus hidung tersumbat, apalagi tanpa pengawasan dari dokter.

Terkadang bahkan hidung tersumbat bisa terjadi karena ada virus yang menempel di hidung anda atau terhirup oleh anda. Contoh pada saat anda bermain di café namun anda tidak sadar pada saat tangan atau tubuh anda menempel dengan Furniture Café, secara tidak langsung kuman masuk atau menempel pada bagian tubuh anda. Apabila mengalami hidung tersumbat karena flu, alergi atau pilek bisa mencoba pengobatan alami terlebih dahulu yang sudah terbukti dapat melegakan hidung. Cara-cara tersebut antara lain:

Larutan air garam
Campuran steril atau air yang telah direbus dan sedikit garam bisa digunakan untuk mengairi rongga sinus. Mungkin ini sedikit aneh tetapi ada banyak bukti ilmiah dibalik cara ini. Pengairan sinus bisa menggunakan teko kecil yang disebut ‘neti pot’. Air garam membersihkan hidung dan rongga sinus dari kotoran, kuman dan alergen sekaligus melembabkan. Banyak orang mencoba cara ini dengan hasil yang cukup memuaskan.

Kompres Hangat di Wajah
Duduk atau tiduran dengan handuk hangat di wajah dapat meringankan rasa tidak nyaman dan membuka hidung yang tersumbat. Salah satu fungsi hidung untuk menghangatkan dan melembabkan udara pernafasan, menghangatkan hidung dan sinus membuat pembengkakan dan produksi lendir berkurang yang melegakan hidung.



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More